Seberapa penting pendidikan anak
sejak dini itu ? Ya tentu pendidikan anak sejak dini itu sangat penting karena
selain dari lingkungan keluarga melalui Pendidikan Anak Usia Dini dapat membangun karakter yang baik
untuk anak itu sendiri . Tingkat kecerdasan seseorang akan dimulai sejak usia
dini dan ketika itu tingkat perkembangan otak akan terjadi secara cepat .
Anak usia dini adalah individu yang
sedang menjalani proses perkembangan secara cepat , anak usia dini berada
pada rentang 0 sampai 8 tahun . Anak adalah manusia kecil yang mempunyai
kemampuan yang harus di kembangkan , anak juga mempunyai karakter khusus dan
tidak sama dengan orang dewasa sepenuhnya . Anak mempunyai banyak potensi yang
harus di kembangkan , meskipun cara perkembangan dan pertumbuhan anak itu
sama namun nanti nya akan berbedan karena pada dasar nya anak bersifat
individual .
Pendidikan adalah salah satu hal
yang sangat penting bagi setiap orang , dan di indonesia setiap waga
negara diwajibkan untuk mengikuti pendidikan dari mulai Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD) , Pendidikan Sekolah Dasar (SD) , Pendidikan Menengah (SMP) , dan
Pendidikan Atas (SMA / SMK) . Pendidikan anak sejak dini adalah pendidikan yang
sangat mendasar dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan
di Indonesia pemerintah sangat mempedulikan itu sehingga pemerintah
mencanangkan dan memberikan layanan pendidikan wajib sembilan tahun atau
sampai masa pendidikan menengah (SMP) .
Pemerintah indonesia membentuk
program Pendidikan Anak Usia Dini atau yang biasa di singkat PAUD demi memenuhi
hak pendidikan anak sejak dini di umur 3 sampai 5 tahun . Di setiap kelurahan
dianjurkan untuk mempunyai minim satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) , yang
nanti nya dapat di jadikan alternatif pemenuhan hak pendidikan anak usia dini .
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
termasuk jenis pendidikan non formal seperti Play Ground dan juga Tempat
Pendidikan Anak (TPA) . Penyelenggaraan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)
ini tidak menggunakan kurikulum baku dari Departemen Pendidikan Nasional akan
tetapi menggunakan rencana pengajaran yang di sebut Menu Besar . Menu Besar ini
berisi tentang pendidikan moral dan nilai keagamaan, pengajaran Menu Besar ini
akan di kembangkan oleh setiap PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berdasarkan
kebutuhan dan kemampuan di masing – masing PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) .
Selain itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) juga ditujukan pada kalangan
ekonomi bawah , karena PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) tidak meminta iuran
sekolah atau hanya menarik iuran sekolah dalam jumlah kecil .
PAUD (Pendidikan Anak Usia
Dini) adalah pendidikan yang memberikan pengasuhan,perawatan, dan pelayanan
untuk anak sejak lahir sampai umur 5 - 6 tahun . Pendidikan anak sejak dini
adalah salah satu cara untuk membina pekembangan & pertumbuhan pendidikan
anak dan juga perkembangan jasmani & rohani anak sejak lahir sampai
umur 5 - 6 tahun .
Sejak lahir , anak membutuhkan
dukungan dan pelayanan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan .
Penyesuaian belajar tentang kebutuhan , sosial dan kondisi
emosional untuk anak dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan
karakteristik anak . Dalam waktu 3 sampai 4 tahun pertama perkembangan yang
terjadi pada anak sama besar nya dengan perkembangan anak nanti nya pada waktu
10 sampa 14 tahun berikut nya . Pada masa ini adalah masa yang penting untuk
anak karena perkembangan yang didapat akan mempengaruhi perkembangan untuk anak
sampai dewasa dan masa ini hanya datang satu kali jadi untuk para orang tua
jangan dianggap hal biasa ya !!
Pendidikan di usia dini bagi anak
juga akan membantu mempersiapkan mental , akal dan emosional anak dalam
menghadapi masa sekolah . Di masa sekarang dalam pendidikan anak seperti TK
(Taman Kanak - Kanak) seorang murid harus sudah bisa menghitung & menulis
dan juga di ajarkan bagaimana cara untuk bersosialisasi terhadap lingkungan
sekeliling nya bukan hanya dalam keluarga saja , karena semua kemampuan itu
dapat dibentuk sejak usia dini .
Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan
untuk yang pertama yaitu mengembangkan segala pontensi anak sejak dini untuk
penyesuaian diri dengan lingkungan . Yang kedua membentuk karakter anak
yang berkualitas agar tumbuh dan berkembang sesuai tingkat perkembangan nya
sehingga dapat memiliki kesiapan dalam menghadapi pendidikan dasar hingga
kehidupan dewasa . Yang ketiga mengembangkan pengetahuan , sikap , dan
keterampilan supaya dapat menolong diri sendiri seperti mandiri dan bisa
merawat juga menjaga kondisi fisik nya serta mengendalikan emosi nya .
Pendidikan anak sejak dini adalah salah satu pembentuk karakter dalam hal
pertumbuhan kecerdasan , komunikasi dan juga fisik .
Bagi anak yang mengikuti atau
mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini yang bagus , anak-anak akan belajar
menjadi pribadi yang mandiri , percaya diri , punya rasa ingi tahu yang besar ,
cepat beradaptasi dan pandai bersosialisasi . Dan untuk anak yang tidak
mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan susah menerima hal baru dan
cenderung kurang bisa mengikuti pembelajaran pada masa pendidikan dasar . Anak
usia dini memiliki masa secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi
bagaimana semestinya seorang guru atau pendidik mengahadapi anak usia dini
seperti masa kepekaan , masa ego , masa meniru , masa berkelompok , masa
bereksplorasi , dan masa pembangkangan .
Program PAUD (Pendidikan Anak Usia
Dini) mempunyai fungsi yaitu , pertama untuk mengenalkan dan memberi contoh
kepada anak cara beradapatasi dengan lingkungan sekitar , kedua untuk
pengembangan cara bersosialisasi anak , ketiga untuk mengenalkan dan menanamkan
peraturan agar anak bisa disiplin , kelima untuk menikmati masa bermain nya
sembari belajar .
Fungsi adaptasi untuk anak adalah
membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan segala kondisi lingkungan
. Fungsi sosialisasi untuk anak adalah membantu anak untuk mempunyai
keterampilan sosial yang dapat di gunakan dalam lingkungan sekitar nya . Jadi
ketika seorang anak mengikuti lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) seorang
anak dapat bersosialisasi & mempunyai banyak teman dan mampu mengenali
sifat-sifat teman nya , para pendidik juga dapat menambah pengetahuan dan
membantu seorang anak beradaptasi dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah .
Untuk memenuhi segala macam aspek
dalam pekembangan anak usia dini di perlukan berbagai prinsip seperti cara
belajar melalui bermain , berorientasi pada kebutuhan anak , pendekatan
terhadap anak , pendekatan kreatif dan inovatif , lingkungan yang tenang
tanpa gangguan , menggunakan pembelajaran terpadu , menggunakan media
sebagai sumber belajar dan mengembangkan berbagai cara bersosialisasi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar