Sudah banyak yang menjelaskan keutamaan
sholat dhuha. Namun banyak juga yang menjelaskan keutamaan sholat dhuha
tersebut tidak sesuai dengan penjelasan yang benar atau tidak sesuai dengan
Sunnah Rosululloh SAW. Berikut ini saya mengutip langsung dari almanhaj.or.id
yang telah menjelaskan tentang sholat dhuha secara lengkap. Tulisan tersebut
ditulis oleh Ustadz Kholid Syamhudi Lc.
Berikut ini kutipannya:
Allah Subhanahu wa
Ta’ala mensyariatkan shalat-shalat sunnah untuk menyempurnakan ibadah shalat
wajib yang terkadang tidak dapat sempurna pahalanya. Sabda Rasulullah
Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ
Sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba ialah shalatnya. Apabila baik, maka ia telah beruntung dan selamat; dan bila rusak, maka ia telah rugi dan menyesal. Apabila kurang sedikit dari shalat wajibnya , maka Rabb Azza wa Jalla berfirman, "Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki shalat tathawwu' (shalat Sunnah)," lalu disempurnakanlah dengannya yang kurang dari shalat wajibnya tersebut, kemudian seluruh amalannya diberlakukan demikian. [HR at-Tirmidzi]. Dan di antara yang disyariatkan ialah shalat Dhuha.
KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA
1. Mencukupkan sedekah sebanyak persendian manusia, yaitu 360 persendian, sebagaimana dijelaskan dalam hadits:
عَنْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى. (أخرجه مسلم).
Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau telah bersabda: "Di setiap pagi, ada kewajiban sedekah atas setiap persendian dari salah seorang kalian. Setiap tasbiih adalah sedekah, setiap tahmiid adalah sedekah, setiap tahliil adalah sedekah, setiap takbiir adalah sedekah, amar makruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan dapat memadai untuk semua itu, dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha".[1]
Juga sabda beliau Shallallahu 'alaihi
wa sallam :
فِي الْإِنْسَانِ ثَلَاثُ مِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلًا فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِيَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِي الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّيْءُ تُنَحِّيهِ عَنْ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ
"Dalam diri manusia ada 360 persendian, lalu diwajibkan sedekah dari setiap sendinya," mereka bertanya,"Siapa yang mampu demikian, wahai Nabi Allah?" Beliau menjawab,"Memendam riak yang ada di masjid dan menghilangkan sesuatu (gangguan) dari jalanan. Apabila tidak mendapatkannya, maka dua raka'at shalat Dhuha mencukupkanmu."
2. Allah Subhanahu wa Ta’alamenjaga orang yang shalat dhuha empat rakaat pada hari tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam hadits:
عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ أَوْ أَبِي ذَرٍّ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ أَنَّهُ قَالَ ابْنَ آدَمَ ارْكَعْ لِي مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ آخِرَهُ أخرجه الترمذي. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
Dari Abu Dardaa' atau Abu Dzar, dari
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , dari Allah Subhanahu wa Ta’alabahwa
Allah berfirman: "Wahai Bani Adam, shalatlah untuk-Ku pada awal siang hari
empat rakaat, niscaya Aku menjagamu sisa hari tersebut".
3. Shalat Dhuha merupakan shalat al-awwâbîn.
Yaitu orang yang
banyak bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana disampaikan
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits Abu Hurairah Radhiyallahu
anhu yang berbunyi:
لاَ يُحَافِظُ عَلَى صَلاَةِ الضُّحَى إِلاَّ أَوَّابٌ قَالَ وَهِيَ صَلاَةُ الأَوَّابِيْنَ. (أخرجه الحاكم).
Tidaklah menjaga shalat Dhuha kecuali
orang yang banyak bertaubat kepada Allah.
HUKUM SHALAT DHUHA
Para ulama berselisih tentang hukum shalat Dhuha dalam beberapa pendapat sebagai berikut.
1. Hukumnya sunnah mutlak, dan disunnahkan melakukannya setiap hari.
Demikian ini madzhab mayoritas ulama,
yang berargumentasi dengan beberapa dalil.
a. Keumuman hadits-hadits tentang keutamaan shalat Dhuha sebagaimana telah disebutkan terdahulu.
b. Hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu yang berbunyi:
أَوْصَانِي خَلِيلِي
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ صِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ
شَهْرٍ وَرَكْعَتَيْ الضُّحَى وَأَنْ
أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ
Kekasihku Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berwasiat
kepadaku dengan tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat Dhuha dan
Witir sebelum tidur. [Muttafaqun 'alaihi]. Syaikh Ibnu 'Utsaimîn rahimahullah menyatakan, hadits ini
menunjukkan bahwa shalat Dhuha adalah sunnah mutlak yang dilakukan setiap hari.
c. Hadits Mu'âdzah al-'Adawiyah ketika bertanya kepada
'Âisyah dengan sebuah pertanyaan:
كَمْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي صَلَاةَ الضُّحَى قَالَتْ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ وَيَزِيدُ مَا شَاءَ
"Dahulu, berapa rakaat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa
sallam shalat Dhuha?" Beliau menjawab,"Empat rakaat, dan menambah
sesukanya".
2. Hukumnya sunnah, namun tidak dilakukan setiap hari.
3. Hukumnya bukan sunnah, inilah pendapat Ibnu 'Umar
Radhiyallahu anhuma
4. Shalat Dhuha hanya disunnahkan karena faktor
tertentu.
Pendapat ini dirajihkan Ibnu Taimiyyah rahimahullah dan
Ibnul-Qayyim rahimahullah.
Menurut beliau (Ibnul-Qayyim),
barang siapa yang menelaah hadits-hadits marfu' dan atsar sahabat, tentu akan
menyimpulkannya hanya mendukung pendapat ini. Adapun hadits-hadits yang berupa
anjuran dan wasiat untuk melakukannya, maka yang shahîh darinya, seperti hadits
Abu Hurairah dan Abu Dzar Radhiyallahu anhuma tidak menunjukkan jika shalat
Dhuha sebagai sunnah yang terus dikerjakan untuk setiap orang.
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam
mewasiatkan kepada Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dengan wasiat itu, karena
telah diriwayatkan bahwa Abu Hurairah Radhiyallahu anhu dahulu memilih belajar
hadits pada malam hari dari pada shalat, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa
sallam memerintahkan melakukannya pada waktu Dhuha sebagai ganti shalat malam.
Oleh karena itu, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk tidak
tidur kecuali setelah berwitir, dan tidak memerintahkan hal itu kepada Abu
Bakar, 'Umar dan seluruh sahabat lainnya radhiyallahu 'anhum.
Sedangkan Ibnu Taimiyyah
rahimahullah, setelah menjelaskan sunnahnya shalat Dhuha, beliau rahimahullah
menyatakan, masalahnya apakah yang lebih utama melakukannya secara
terus-menerus ataukah tidak, karena mencontoh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa
sallam ? Demikian ini yang menjadi perselisihan para ulama. Yang rajih
dikatakan, barang siapa yang kontinyu melakukan shalat malam, maka itu
mencukupinya dari melakukan shalat Dhuha terus-menerus, sebagaimana Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu demikian. Barang siapa yang tidak
melakukan shalat malam, maka shalat Dhuha menjadi pengganti shalat malam.
Adapun yang rajih dari
pendapat-penpat tersebut, Insya Allah adalah pendapat pertama, karena keumuman
anjuran melakukan shalat Dhuha. Demikian pula yang dirajihkan Syaikh Ibnu
'Utsaimin rahimahullah. Beliau menyatakan, yang rajih ialah sunnah mutlak yang
terus-menerus dilakukan. Sebab Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
يُصْبِحُ
عَلَى كُلِّ سُلَامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ
(Setiap hari wajib bersedekah bagi
setiap persendian dari salah seorang kalian).
Para ulama menjelaskan, bahwa pada
tubuh manusia terdapat 360 jumlah persendian, sehingga setiap orang harus
bersedekah 360 sedekah setiap hari. Yang dimakusdkan dengan sedekah ini bukan
berupa harta, tetapi berupa amalan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
فَفِي كُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ
وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ
صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ
وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى
(Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah,
setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf nahi
mungkar adalah sedekah. Mencukupkan dari itu semua dua rakaat yang dilakukan di
waktu Dhuha).
Berdasarkan hadits ini, maka kami
berpendapat bahwa hukum shalat Dhuha ialah sunnah yang selalu dikerjakan,
karena kebanyakan manusia tidak mampu memberikan sedekah hingga 360
sedekah.Wallahu a'lam.
Demikian penjelasan keutamaan
sholat dhuha, semoga bermanfaat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar